Menu

Mode Gelap

Anim Ha 09:15 WIT

Di Biak Muhammadiyah Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Tahap II


					Di Biak Muhammadiyah Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Tahap II Perbesar

SUARA ADAT.COM, BIAKPimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Biak Numfor menggandeng Puskesmas Biak Kota melaksanakan kegiatan Vaksinasi Massal Covid-19 Tahap II Muhammadiyah Untuk Semua yang bertempat di Puskesmas Biak Kota. Selasa 29 November 2022 pukul 10.00 WIT.

Kegiatan ini ditujukan untuk merealisasikan program Mentari TB For Covid-19 MPKU PP Muhammadiyah yang merupakan sebuah program yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk mencegah jutaan kematian melalui vaksinasi dan hospital capacity building selama periode program 2021-2022. Program vaksinasi dilaksanakan untuk mendukung capaian percepatan vaksinasi Covid-19 nasional melalui akses yang lebih merata bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan berlangsung sejak September 2021 hingga Desember 2022. Mentari TB For Covid-19 memiliki dua tujuan utama yakni yang pertama, mendukung percepatan vaksinasi nasional melalui vaksinasi massal dan melalui pengadaan vaksinasi di sentra rumah sakit. Kedua, melaksanakan Covid-19 Response melalui capacity building / penguatan pelayanan ICU Covid-19 di rumah sakit.

Program vaksinasi massal Covid-19 tahap II yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhamadiyah (PDPM) Kabupaten Biak Numfor yang menggandeng Puskesmas Biak Kota selaras dengan program Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua. Tema ini berpedoman pada prinsip Muhammadiyah bahwa program sosial dan pendidikan Muhammadiyah bersifat kemanusiaan dimana Muhammadiyah memperlakukan dan menolong umat dengan setara tanpa memandang perbedaan status sosial, kepercayaan, agama dan suku.

Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua ini memiliki target sasaran wilayah sejumlah 62 kota/kabupaten dari 26 provinsi di Indonesia terutama kota/kabupaten yang capaian vaksinasinya masih rendah. Capaian target dari vaksinasi massal ini minimal mencapai 200.000 sasaran per dosis hingga Desember 2022. Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua melibatkan mitra penyelenggara vaksinasi di Muhammadiyah, yakni Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), pengurus wilayah Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), perguruan tinggi Muhammadiyah, dan sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Biak Numfor, Bapak Bardanudin Mulyono, M.Pd menyatakan bahwa kegiatan Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua merupakan suatu kegiatan positif yang diharapakan oleh masyarakat dan menunjukkan bahwa Muhammadiyah hadir membantu Pemerintah Pusat untuk menuntaskan pemerataan program vaksinasi bagi seluruh rakyat Indonesia tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Beliau berharap kegiatan Vaksinasi Covid-19 Tahap II Muhammadiyh Untuk Semua, dapat membangun sinergitas yang baik dan berkelanjutan antara Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Biak Numfor, Distrik Manajer Kabupaten Biak Numfor, Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, dan Puskesmas Biak Kota dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, sehingga imunitas seluruh rakyat Indonesia terutama masyarakat di Kabupaten Biak Numfor semakin tinggi (Hight Imunity) dan bebas bepergian kemana saja tanpa rasa takut tanpa rasa tidak nyaman.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Biak Kota, Bapak Zeth Mathias Msen menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Biak Numfor yang telah bersedia bekerjasama membantu pihak Puskesmas Biak Kota terutama Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor dalam pelaksanaan vaksin covid-19 khususnya vaksin 2 dan 3 tercapai targetnya sesuai arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor. Beliau juga menaruh harapan besar agar pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dengan mengusung tema “Muhammadiyah Untuk Semua” dapat terus diselenggarakan ke titik lokasi lain yang berada dalam wilayah kerja Puskesmas Biak Kota, karena keberadaan sertifikat vaksin akan menjadi syarat mutlak untuk melakukan perjalanan keluar kota Biak.

Dan selanjutnya, sambutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor yang diwakili oleh Ibu Efrat Yulce Mamoribo, menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk dilakukan, dimana data vaksin pertama di Kabupaten Biak Numfor menunjukkan capaian 97 %, sedangkan vaksin 2 dan 3 (Booster) cakupannya masih kurang, sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Biak Numfor yang telah menfasilitasi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Lebih lanjut dijelaskan bahwa ketersediaan stok vaksin Covid-19 yang terbatas, maka kegiatan vaksin ini akan lebih diprioritaskan melayani vaksin 2 dan 3 dengan tetap melihat limit waktu yang tertera pada sertifikat vaksin tahap sebelumnya. Di akhir sambutannya, Ibu Efrat menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk melakukan vaksin Covid-19 baik vaksin 1, 2 dan 3 sebagai bentuk nyata mendukung program Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten dalam hal penuntasan Vaksinasi Covid-19.(Daman)

14 Views

Baca Lainnya

Lembaga Masyarakat Adat Biak Numfor bersama Para Tokoh Menggelar Pertemuan Membahas Penggunaan 10% Dana OTSUS

3 January 2023 - 13:14 WIT

Kaum Pria Bangkit Hadapi Tantangan dan Bertumbuh Menjadi Berkat

14 December 2022 - 16:54 WIT

Natal

Jalan Santai Warnai Semarak MILAD YAPIS di Tanah Papua ke-54.

11 December 2022 - 22:57 WIT

Pemuda Muhammadiyah Biak Numfor Edukasi Siswa Pentingnya Vaksin Covid-19

7 December 2022 - 20:42 WIT

WBL Klas IIA Abepura Dapat Paket Kemandirian Bersertifikat

7 December 2022 - 20:40 WIT

Ganjar Razuni MENILAI HERMAN YOKU Figur Tepat Pimpin Golkar Papua

7 December 2022 - 20:36 WIT

Trending di News